Rabu, 04 Desember 2013

Kado Ulang Tahun Untuk Al – Khullah

Pada suatu pagi yang agak mendung aku sedang merenung sendiri tanpa ada teman yang menemani, ku isi hari ni dengan membuka jejaring sosial yang mungkin bisa sedikit menghibur kesendirianku , aku membuka fb dan mencoba membuka perteman yang ada difbku, kemudian aku melihat salah satu teman yang sudah lama berteman denganku namun agak asing ku lihat foto profilnya namun aku gak begitu paham dengan akun milik siapa ini?. “Oh ternyata dia yang dulu pernah satu pondok dengan aku tapi Cuma satu minggu saja hemmm ” kataku dalam hati. “Hai ni mb titin yang mondok di Al- Azhar Cuma seminggu bukan ? ” tanyaku ke mb. Titin lewat Wallnya. Kemudian dia membalas “Ngeh mb.Ayu , masih ingat saja sih aku jadi malu dech ” jawab mb. Titin. Dan lanjut komen – komen yang panjang dan banyak jika dimuat disini, karena yang mau aku ceritain bukan perkenalan dengan mb.Titin kok, ya udah kalau penasaran sama balesan komenku ini yang terakhir ya? “ ya inget lah mb, pean tega ogg ninggalin aku sendiri? Aku kan jadi kesepian heheh ” tuh jawabanku untuk mb. Titin udah puas kan. Nah setelah aku comen yang itu, kemudian aku kembali keberanda, aku liat ada yang meminta pertemanan . Dia adalah Rudy al-bugowy. “siapa za ini? Penuh tanda tanya hemm” kemudian aku komfrim aja. Biasanya aku liat dulu profilnya kalau ada yang minta pertemanan tapi ini gag aku liat loh?. Itu tepatnya tanggal 13 juli 2013 pas dengan bulan puasa, kemudian berganti malam, pagi, dan siang aku lihat ada yang wall di profilku. Bunyinya begini “sukron ea ukhty” begitu seperti biasanya aku Cuma jawab “ia sama2” karena memang aku orangnya cuek banget. Hemmm karena penasaran siapa sih orang ini kemudian aku liat profilnya. Yah benar tebakan kalian aku liat fotonya dulu hehehe..ternyata asing gitu, ya udah aku cuek aja. Lalu dia selalu komen beberapa setatusku karena aku itu orangnya agak cuek aku balas komen dia sesukaku aja, yang tentunya ngirit kata – kata gitu kemudian setatusnya Mb.Titin nyangkut diberandaku dan dia ultah kemudian aku mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya, dan teman yang baru aku kenal juga ikut comen distatusnya Mb.Titin kemudian aku berfikir ternyata dia temannya Mb. Titin toh. Aku lihat foto profilnya, selanjutnya... selanjutnya dan aku baru ingat ternyata aku dulu pernah melihat akun FB ini diakunnya mb.Titin. Aku ajak dia chat dech “Oh pean ki temannya mb. Titin toh ? ” kemudian kita bincang – bincang. Aku banyak tanya tentang Mb.Titin, karena Dia ada jadwal ngaji Dia menyudahi perbincangan kita dan dia meninggalkan no hpnya. Aku sempat berfikir wah ini orang kayak sales aja, biasanya kalau ada yang kenalan mereka pada minta noku eh ni malah ninggalin no hpnya hemm,, gak langsung aku save sih, aku cuekin aja toh baru kenal ya gag pren. Namun Dia selalu nangkring disetatusku, ada niatan sih buat sms no yang dia kasih tapi aku urungkan, karena penasaran aku chat sama Mb.Titin tanya soal dia tp Mb.Titin kayake agak gimana gitu ya udah aku membahas yang lainnya saja. Mas Rudi itu panggilanku padanyan Dia ngasih pesan gini di fbku “Hari yang keberapa ni, hwane lmez jd imam traweh. Yaallah kebanyakan maem ” gitu hemm karena baru kenalan aku za agak aneh ma ni orang kenapa ngasih pesan tiba – tiba begitu lalu aku jawab “ ke6. Makane maem secukupnya aja bang ” itu jawabanku hahaha kemudian lanjutannya “iya dek, padahal maem dikit doang. Ayolah brgkt, waduh hafalane 1 juz dereng ndarus tadi. Bismillah ” coba dech kalau kalian diajak chat gini jawabnya gimana ? dengan santainya aku jawab “Ayo pak imam makmum udah nunggu ni ” hahhaha gitu dan masih panjang lagi dech dia selalu cerita sebelum aku tanya itu yang membuatku aneh dan Dia unik. Kemudian aku berfikir, kenapa dengan dia ? Karena dengan cerita yang tanpa aku minta itu aku jadi penasaran kemudian aku sms no yang dia kasihkan ke aku “Asalamualaikum ” Cuma kata – kata itu yang aku kirim kemudian aku sibuk ngurus ini dan itu hp sudah tidak aku urus lagi dan saat kembali ada 2 sms ternyata dari Mas Rudi “Walaikumslmwrohwbroktu” “Niki sinten?” balesannya begitu yah aku balas “Coba ditebak aku siapa? ” pengennya si ditebak tapi dia ndak mau ya udah. Etsss jangan sedih pembaca malemnya pas menjelang isya aku sms lagi ni isinya “Ayo pak imam berangkat udah ditunggu makmum ni ” dengan kata – kata ku itu dia bisa nebak siapa aku, dia sms aku berkali – kali tapi gak langsung aku balas, soalnya udah masuk salat isyak dan taraweh, setelah salat taraweh aku liat hp ada 5 sms dari Mas Rudi “Owalah ni deg Wahyu to, maf deg tadi gak aku tebak” aku jawab “Hehe iya ” gitu ja mungkin dia marah kali ya soale aku balas sms Cuma pendek – pendek saja hhh. Emang itu ciri khasku. Kemudian Mas Rud aku tinggal tidur aja, kemudian keesokan hari nya tanggal 16 juli 2013 sekitar jam 10 an Masnya telfon aku. Tau gak apa yang masnya bilang sama aku Dia mau jadiin Aku sebagai calon istrine gitu, Aku terheran – heran dengan dia kenapa tiba – tiba telfon dan bilang seperti itu, Aku gak langsung jawab sih, habis Aku gak mau mudah percaya sama orang apa lagi baru kenal 3 hari, tapi tawaran nya sangat mengiurkan (kayak makanan aja ya) dan akhirnya kita jadian dech waoe banget gag sih?” Kalian pernah gag punya pacar lewat sms atau FB, dan ini kali pertamanya aku seperti ini, dan yang anehnya aku malah seneng udah hampir 2 tahun aku ngejomblo emmm bisa dibilang jomblo lama hahhaha karena setatusku digantung, dan aku angap kita putus aja. Sedikit cuplikan dari mantan ya, namanya Putra kami kenal sejak SMP kami emang gak begitu dekat, kami dekat waktu kelas 3 SMP dia baik sama aku, saat istirahat dia selalu membelikan sesuatu kepadaku. Waktu itu aku tidak begitu peduli dengan kedekatan kita karena aku masih kecil dan polos, belum tau tentang pacar. Nah setelah lulus SMP dan SMA kelas 2 kami mulai dekat lagi dan aku sangat ingin bersamanya, dia selalu menjemput aku saat ada extra disekolahan, dia perhatian banget sama aku. Dan diakhir tahun dia dah gag pernah sms aku, nongol dirumah aku dan yang biasa dia lakukan. Ternyata dia udah punya pacar, hemmm merasa patah hati nich..., namun banyak teman yang mencoba menghiburku, aku pun memendam rasa sakit ini. Nyebelin banget kan ceritanya PHP banget, gak sampai situ saja guys, setelah setahun dia tidak menghubungi aku kemudian dia sms aku lagi, dia datang kerumahku nangis – nagis curhat tentang mantannya, yang bodohnya aku, aku perhatian banget sama putra. Kami seperti dulu saling mengerti, perhatian dan yang lain – lainnya. Lalu dia bilang mencintaiku dan ingin menjadi kekasihku, dengan bodohnya aku menerima cinta yang sudah lama aku tunggu walaupun aku tau aku Cuma sebagai pelariannya saja. Kami berjalan seperti biasanya selama 1 bulan, walau hatiku senang tapi aku yakin ini akan cepat berakhir, kita gak akan bersama selamanya, dan dugaanku itu benar dia hilang tanpa kabar dan sampai sekarang tanpa kabar,sering kita berjumpa dijalan namun tanpa tegur ataupun sapa. 1 tahun lamanya aku bisa move on darinya dan aku baru sadar ternyata dia menjauhi aku karena ayahnya tidak menyukaiku karena aku kuliah diyayasan kristen, aku tau dari orang lain bukan dari putra, sungguh tak berperasaan. Nah itu tadi cerita dari ku bukan sedikit lagi kan ceritanya tapi panjang sekali hahaha. Upss maaf – maaf sampai lupa cerita tentang Mas Rudi, emm ya kami memulai kisah indah kami berdua dia lebih perhatian dibanding aku, aku agak cuek, dia bilang cinta menggunakan puisi lewat sms. Kami semakin mengenal dan lama kelamaan aku semakin menyayanginya, entah karena apa tapi rasanya nyaman saja bila sedang smsan dengannya. Hari terlewati begitu cepat namun perasaan ini semakin tidak bisa hilang, walau dia sibuk dengan segala urusannya namun hati ini selalu curiga dengan dia yang berada jauh disana namun segera aku sadar bahwa kalau memang dia berjodoh denganku pasti kita akan bersatu, dan sekarang Cuma kesabaran dan saling pengertian yang menjadi modalku. Pada hari yang cerah namun tak secerah hatiku karena seharian tanpa ada kabar dari Mas Rudi, walau begitu aku mencoba menyibukkan diri agar tidak teringat Mas Rudi terus. Walau begitu kami tidak pernah marah lama – lama, pernah aku marah dengannya karena dia cuek sama aku gak nanya, gag da respek ma aku, namun aku segera sadar mungkin dia masih mencintai seseorang atau semacamnya, dan saat itu pula aku mencoba kuat dan menunggu hal terburuk yang bisa terjadi dalam hubungan kita. Dia selalu membuatku tercengang kaget dan kagum, dia memintaku untuk bisa bicara lewat telepon dengan Ibuku. Dia bilang ingin meminangku, sungguh berani sekali dia, namun beraninya ditelepon saja huft. Singkat cerita kami setiap hari hanya berhubungan lewat sms saja dan tidak pernah telpon – telponan. Hari berganti begitu cepat, dan tanpa terasa hari lebaran akan datang, dan aku akan punya ponakan yang cantik. Hari lebaranpun datang, namun semua sibuk, aku pun juga sibuk, Mas Rudi juga sibuk, namun dia sempet – sempetin sms aku untuk minta maaf. Tapi aku belum sempat pegang hape sampai siang baru aku balas sms dari Dia. Hari kemenangan tanpa adanya adikku tercinta serasa berat sekali, namun aku yakin adikku pasti bahagia berada disisi Allah. Mas rudi selalu menasehari aku setiap kali aku menangis teringat adikku, dia sudah terlihat dewasa jika dilihat dari cara dia menasehatiku. Kami selalu berbagi cerita tentang suka duka kami, dia pernah bercerita kepadaku tentang semua yang dia rasakan, dia memiliki suatu penyakit yaitu penyakit ginjal. Dia bilang tidak ada satupun yang tau tentang penyakit yang dia derita kecuali aku, aku sudah menasehatinya untuk bilang kepada orang tuanya tentang penyakit yang dia derita namun dia tidak ingin erepotkan orang tuannya. Namun pada suatu hari Dia masuk rumah sakit, dan semua orang tau bahwa dia punya penyakit ginjal. Kenapa ya dia bisa terkena penyakit ginjal padahal dia masih kecil, biasanya yang terkena penyakit ginjal itu orang yang sudah tua – tua saja. Lebaran sudah usai, hari – hari yang indah telah ku lalui, aku bergumam benarkah ini jodoh dari tuhan untukku. Yah kalau ni bukan jodohku paling tidak aku bisa dapat pengalaman kenal dengan laki – laki yang rumahnya dijepara, karena dari dulu aku ingin sekali mengenal seorang laki – laki yang rumahnya demak, jepara, pokoknya yang rumahnya daerah semarangan dan yang agak jauh hehehheh.hemmm Aku selalu mencoba percaya dengannya namun bukti selalu berkata lain, setiap aku bertanya kepadanya tentang hal – hal yang menganjal Dia selalu mengalihkan perhatianku. Aku Cuma memendam rasa ingin tauanku kepadanya aku berkata dalam hati sampai kapan aku akan memendam rasa ingin tauanku ini ya? Singkat cerita dia pamitan kepondok, aku merasa sedih dia Kita akan susah untuk berkomunikasi, namun dia janji kalau ada waktu dia pasti akan menghubungiku. Yah aku Cuma bisa bilang “iya” saja, namun dulu dia pernah bilang bahwa dia berada dipondoknya pakleknya, lalu kenapa dia pergi kepondok yang jauh dari rumahnya. Yang benar yang mana nich. Namun kira – kira dia dipondok Cuma 3 hari lalu dia pulang katanya ada acara hajatan dan dia disuruh ngisi acaranya. Lalu dia bilang padaku dia keluar dari pondok dan ingin kerja disemarang, dan Cuma kerja beberapa hari saja, lalu keluar dan dia pulang kerumahnya. Pada suatu hari aku membuka fb dan aku memberi pesan didindingnya Mas Rudi, isinya sih Cuma biasa saja tidak terlalu aneh – aneh. Namun setelah aku lihat lagi didindingnya pesan itu ternyata dihapusnya, aku Cuma diam dan tidak tanya apa alasannya. Aku mencoba untuk sabar, dan mengira mungkin dia malu jika aku memberi pesan didinding kepadanya. Bahkan setiap komenku yang aku tancapkan distatusnya gak ada satupun balasan, aneh bukan kenapa aku masih bisa bersabar dengan dia, entahlah kenapa aku bisa seperti itu, padahal setiap komen dia yang menancap disetatusku selalu aku balas dengan lembutnya. Semakin lama rasa percayaku semakin hilang aku mencoba dengan sekuat tenaga untuk mengumpulkan rasa percayaku kepadanya. Dia memasang sebuah setatus yang membuatku marah, sekarang puncak kemarahanku kepadanya, dahulu dia pernah membuat setatus yang menyakitkan “walaupun makan sisamu, namun tetap bersamamu aku tetap rela?” seperti itu, itu saat dia pulang dari acara buka bersama pondoknya.aku lupa bagaimana setatus yang membuat kemarahanku meletus. Lalu aku sms Dia yang isinya “Mas Rudi jahat, aku benci sama Mas Rudi, mulai sekarang jangan hubungi aku lagi.” Seperti itu isi dari sms aku, itu sms pagi – pagi saat aku berada disekolah dan masih diatas motor, air mata menetes dengan sendirinya, tanpa aku sadari. Namun hape selalu aku lihat dan menunggu balasan darinya, sudah aku tebak Dia pasti gak balas dan ternyata benar, tak ada sms satupun dari dia. Lalu aku malamnya sms dia “Mas Rudi beneran udah gak peduli ma aku?” lalu Dia membalas sms ku. “ Terus aku harus bagaimana deg” kenapa gak ada respon dari dia sih, wanita itu perlu disayang, dimanja, namun wanita sangat susah untuk ditelateni, bukankah wanita itu tulang rusuk lelaki, tulang rusuk yang bengkok jadi meluruskan tulang yang bengkok itu harus dengan hati – hati sekali sebab jika kita dengan pemaksaan pasti tulang rusuk itu akan patah,” Itulah wanita. Aku buka fb pada pagi hari ternyata fbku dihapus dari pertemanannya, dia bilang padaku bahwa fbnya dia dibajak sama orang tadi sore padahal aku liat pertemanan dihapus sehari sebelum dia bilang fbnya dibajak. Namun aku meelihat dia selalu bikin setatus, ganti foto, kenapa dia bohong sama aku. Padahal aku selalu mencoba untuk bicara jujur padanya. Dan malam harinyaMas Rudi sms lagi “Besok aku balik pondok” aku sebel sekali kenapa gak ada pengertian dari dia aku Cuma jawab “Terserah” pada siang harinya dia pamit padaku “Mas pamit ke pondok asalamualaikum” katanya “Ngeh walaikumsalam”. Kapan hubungan kita jelas sich, karena aku sibuk PPL dan hape gak pernah aku urus, dan gak ada satupun sms dari dia. Sudah begitu lama tidak ada satupun kabar darinya, kalian mau tau apa kegiatanku dari pagi sampai pagi lagi. Di SD mengajar, selesai mengajar kuliah sampai malam, pulang malam, tidur begitu seterusnya kegiatanku. Dan pada suatu hari aku sangat rindu aku memcoba sms setiap kali aku teringat padanya namun tak ada respon sama sekali. Hari ini tanggal 12 oktober dan 16 hari lagi dia akan bertambah usianya, aku mempersiapkan sebuah hadia yang mungkin membuatnya benci saat membaca ini, bahkan bayanganku dia akan merobek hasil karyaku ini. Dengan mencuri – curi waktu luangku untuk ini. Apakah dia akan menghargainnya ya? Mas Rudi aku minta maaf atas semua salah kata yang pernah aku ucapkan kepadamu, aku hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf. Maaf juga bila tulisan ini tidak berkenan terserah Mas Rudi mau diapain tulisan ini, dibakar, dibuang, disobek, boleh karena ini sudah menjadi haknya Mas Rudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar