Kamis, 06 Desember 2012

analisia


B.  Hubungan  manusia dengan lingkungan
            Manusia bertempat tinggal dilingkungannya untuk beradaptasi  dengan apa yang ada disekitarnya. Berawal dari hal –hal kecil yaitu lingkungan keluarga. Di dalam keluarga, semua anggota keluarga saling berhubungan dan berinteraksi. Baik melalui bertemu muka dan berbicara satu dengan yang lainnya. Coba saja kita bayangkan jika dalam keluarga tidak ada interaksi dan komunikasi yang baik. Pasti rasanya seperti  ditempat yang tidak ada kehidupan sama sekali. Apalagi jika kita sedang menghadapi masalah tetapi kita tidak mempunyai hubungan yang baik dengan anggota keluarga. Lalu dengan siapa kita bisa berbagi, meminta bantuan  untuk sedikit meringankan beban masalah kita. Oleh karena itu hubungan yang baik dalam keluarga sangat penting.
            Manusia juga mempunyai dunia kedua selain keluarganya, yaitu lingkungan sekitarnnya. Lingkungan itu bisa dari hubungan antara sesama manusia maupun hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Manusia dalam lingkungan hidupnya tidak terlepas dari pergaulan dengan sesamanya. Pandangan untuk bergaul dengan sesama manusia dalam masyarakat merupakan dasar kehidupan yang indah dipandang. Tetapi pada keadaannya dizaman sekarang  banyak terdapat diskriminasi sosial. Dalam kenyataannya perbedaan status sosial dan ekonomi membuat kesenjangan yang berjarak sangat jauh antara manusia yang bersetatus sosial “banyak uang”  dan berstatus sosial “miskin”. Perbedaan status sosial dan ekonomi tersebut membuat masyarakat yang bersetatus kurang ekonominya dikesampingkan dalam  berbagai kegiatan dan peristiwa disekitar kita. Contohnya diruma sakit, dikarenakan kurang biaya seseorang yang sakit parah harus dipulangkan, padahal kenyataannya kesehatannya memang benar – benar terganggu dan butuh perawatan.  Bahkan terkadang kita juga melihat antara manusia satu dengan yang lainnya sudah tidak ada rasa peduli dan menghargai. Orang semakin egois memikirkan kepentingan dan kebutuhannya sendiri tanpa peduli orang lain. Bahkan mereka sampai hati melakukan hal – hal menyalahi aturan demi kepentingannya. Namun dibalik ketidak pedulian beberapa orang tersebut, kita juga masih bisa melihat orang – orang yang masih peduli. Misalnya saja ketika ada orang yang butuh biaya untuk operasi, beberapa orang bergabung untuk mengumpulkan biaya untuk membantunya.
            Hubungan yang lain yaitu manusia degan alam sekitar baik dengan hewan dan tumbuhan serta tempat tinggalnya. Zaman dahulu orang desa berfikir jika alam itu mempunyai kekuatan gaib. Padaha kenyataannya alam merupakan ciptaan tuhan seperti manusia, tetapi tanpa kesadaran seperti yang dimiliki manusia. Manusia dan alam adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika kita hidup tanpa alam semesta, lantas dimana kita akan hidup. Kita bertempat tinggal diatas tanah yang merupakan bagian dari alam. Kita juga memenuhi kebutuhan dari alam lewat makanan yang kita dapat dari alam. Alam menyediakan apa yang kita butuhkan dan kita juga harus merawat alam itu sendiri.
            Jika kita menyadari keadaan manusia dan lingkungannya, maka kita juga akan menyadari jika semua mahluk itu saling berhubungan. Hubungan antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya menimbulkan efek, baik efek positif yang saling menguntungkan ataupun efek negatif yang merugikan. Hubungan erat yang khas antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama disebut simbiosis. Jenis simbiosis itu sendiri terdiri dari:
1.      Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua mahkluk hidup yang menguntungkan kedua belah pihak.
2.       Simbiosis comensalisme adalah hubungan antara dua mahkluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi pihak ang lainnya tidak dirugikan.
3.      Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua mahkluk hidup yang menguntungkan satu pihak, tetapi merugikan pihak lainnya.

C. Tangung Jawab manusia terhadap lingkungannya
                  Manusia memiliki peran penting ketika diciptakan di bumi ini.Manusia di ciptakan sebagai pemimpin untuk menjaga  dan melestarikan unsur-unsur  yang ada di muka bumi ini.Manusia harus bertanggung jawab terhadap Tuhan akhirnya nanti.  Selain itu hendaknya manusia memiliki akal pikiran yang sehat dan egois untuk memikirkan kesejahteraan anak cucunya kelak. Mereka bukan hanya memikirkan diri sendiri seperti kebanyakan manusia belakangan ini yang sama sekali tidak d
                  Kita perlu memahami hubungan mula-mula antara manusia degan alam. Allah menjadi manusia menurut gambar dan rupa Allah kemudian memberi kuasa atas seluruh bumi,termasuk semua binatang yang telah diciptakan-Nya.Atas seluruh bumi.Allah juga meminta keturunan manusia untuk memelihara  seluruh bumi.Allah tidak pernah melepaskan mereka dari tanggungjawb ini.Kita harus memelihara dunia yang Tuhan berikan kepada kita.
                 Lingkungan merupakan hal  yang tidak dapat dari dalam diri manusia dalam hal bersosialisasi karena manusia merupakan makhluk sosial yang diciptakan untuk saling berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.Jika berbicara tentang tanggung jawab merupakan aktualisasi  dan perwujudkan dari sikap sadar manusia,selain itu merupakan sifat terpuji mendasar dalam diri manusia.Namun sikap tanggungjawab setiap manusia satu ke manusia lain berbeda.Oleh karena itu,betapa pentingnya tanggungjawab dari diri seseorang untuk di terapkan kedalam dirinya sendiri dan lingkungannya.Contoh tanggungjawab manusia yaitu:
 a)Tanggungjawab terhadap dirinya sendiri                                                                                                 
 Manusia diciptakan olehTuhan mengalami periode lahir,hidup dan mati.Agar manusia dalam  keluarhidupnya mempunyai harga diri sebagai pengisi fase kehidupannya itu,maka manusia tersebut atas namanya sendiri dibebani tanggungjawab.Sebab jika tidak ada tanggungjawab terhadap dirinya sendiri maka tindakannya tidak terkontrol lagi.Intinya dari masing-masing individu di tuntun adanya tanggungjawab untuk melangsungkan hidupnya di dunia sebagai makhluk.Seperti mengatur dirinya sendiri dalam hal emosi dan kejiwaan beserta pengontrolan diri dari berbagai masalah yang mungkin dihadapannya 
b)tanggungjawab terhadap or ang tua dan keluarga.
              Orang tua merupakan perantara Allah untuk memelihara anaknya.Oleh karena itu pengabdian manusia terhadap orang tua merupakan bagian dari tanggungjawab yang harus di laksanakan.Contohnya: Ketika orang tua sudah lanjut usia,maka sebagaai anak harus mau menjaga dan merawat orang tuanya.Tanggungjawab lainnya berupa sikap kita sebagai anggota keluarga untuk menjaga nama baik keluarga satu anggota keluarga lainnya.           
c)Tanggungjawab terhadap masyarakat                                                                                                Pada hakikatnya manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain,sesuai kedudukannya sebai makhluk sosial.Dikarenakan membutuhkan manusia lain,maka ia harus membina komunikasi dan interaksi dengan orang lain.Sehingga di sini manusia  merupakan anggota masyarakat yang mempunyai tanggungjawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan kehidupannya.Oleh karena itu setiap tindakan dan tingkahlaku harus dapat dipertanggungjawabkan terhadap masyarakat.
d)Tanggungjawab terhadap bangsa dan negara                                                                                    Suatu kenyataan lagi seperti setiap manusia,setiap individu adalah warga negara suatu negara.Dalam berfikir,berbuat,bertindak dan bertingkah laku manusia terkait oleh norma dan aturan yang dibuat oleh negara.Manusia tidak bisa berbuat semaunya sendiri.Jika perbuatan yang dilakukan manusia itu salah,maka ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya terhadap negara.
e)Tanggungjawab terhadap  Tuhan
 Tuhan menciptakan manusia di bumi bukan sembarangan tetapi untuk mengisi kehidupannya.Manusia bertanggungjawab langsung kepada Tuhan.Dengan demikian tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang dituangkan dalam kitab suci dalam berbagai macam agama. Pelangaran dari hukum- hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh tuhan  dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga melakukan kesalahan, maka tuhan akan melakukan tindakan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah- perintah. Tuhan berarti manusiaa meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap tuhan sebagai penciptannya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya manusia perlu melakukan pengorbanan.
f) Tanggung jawab terhadap alam
manusia  juga mempunyai tanggung jawab terhadap alam sekitarnya. Coba saja kita fikirkan jika kita hidup dari alam dan mendapat pemenuhan keperluan dari alam pula. Alam memberikan semua yang kita butuhkan, dari kebutuhan tempat tinggal, makan, minum dan kebutuhan tentang materi lainnya. Sudah seharusnya kita menghargai apa yang ada dialam, tidak bersikap menghancurkan alam. Coba saja kita lihat banyak bencana yang terjadi dikarenakan tindakan manusia. Sikap manusia yang mengunakan apa yang ada dialam sebagai pemenuh kebutuhan secara berlebihan tanpa menghiraukan efek negatif yang ditimbulkan. Seharusnnya manusia memakai yang ada dialam dengan sikap tanggung jawab, memperhatikan populasi yang ada dialam sebagai wujud tanggung jawabnya.



Kesimpulan
Manusia diciptakan oleh tuhan dengan tujuan yang baik, bukan tujuan sembarangan. Ada hal yang harus dilakukan oleh manusia ketika berada di muka bumi ini. Perilaku manusia harus sesuai dengan yang dikehendaki tuhan, ada aturan ketika berperilaku sebaiknya manusia berperilaku baik agar tidak merugikan yang lainnya, baik merugikan manusia dan merugikan alam sekitarnya dan lingkungannya.
            Manusia dan makhluk hidup lain juga memiliki rasa saling membutuhkan satu antara lain. Manusia memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Tetapi pelaksanaan pemenuhan itu dibantu oleh lingkungannya. Rasa saling berkaitan antara manusia dan lingkungannya tersebut dilakukan dalam jangka waktu berkesinambungan.
            Manusia juga harus bertanggung jawab terhadap tuhan dan lingkungannya. Bertanggung jawab terhadap tuhan berarti manusia menghargai dirinya sebagai ciptaan tuhan dan sebagai tanda bersyukurnya kepada tuhan. Bertanggung jawab atas lingkungannya meliputi bertanggung jawab terhadap manusia lainnya dan alam serta yang ada didalamnya. Wujud pertanggung jawaban itu bisa berupa sikap menghargai sesama manusia, sikap mentaati peraturan dalam masyarakat dan bangsa, sikap memanfaatkan kekayaan alam dengan baik dan benar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar