Selasa, 27 Maret 2012

euporia facebook dan dampaknya dalam dunia pendidikan

Zaman ini sudah mulai maju, salah satu kemajuaan itu adalah media elektronik. Dan kita akan membahas tentang kecangihan elektronik kabanyakan itu berawal dari dunia maya yang semakin maraknya. mulai dari mig33,frienster, facebook, dan sekarang yang lagi naik daun twitter. namun kita disini akan membahas lebih detaillnya ke facebook "dampak facebook dalam dunia pendidikan.
Nah siapa sih tahun 2012 yang tidak memiliki facebook,? saya rasa hampir semua anak muda memilikinya, bahkan orang tua, anak - anak pun memiliki akun facebook. selain ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang inging mengetahui kabar dari sanak saudara yang berbeda tempat tinggalnya, akun ini sangat mudah digunakan oleh semua usia.
namun dengan facebook ini banyak sekali dampak yang menggangu dunia pendidikan. dampaknya bisa meliputi positif dan negatif. nah kita bahas satu - satu kita bahas yang dampak positif dulu, dampak positif dari pengunaan facebook ini yaitu :
  1. si pengguna bisa mengetahui kabar berita saudaranya tanpa menanyakan kabarnya itu diketahui dari status yang mereka buat.
  2. mereka bisa menemukan teman yang sudah lama tidak bertemu dan melalui akun facebook ini mereka bisa berkomunikasi lagi.
  3. pengunaan akun ini sangat mudah.
  4. mereka bisa bertukar pemikiran, berdebat, bahkan bisa jual beli secara online .
nah itu tadi dampak positifnya secara umum sedangkan secara garis pendidikan yaitu :
  1. para siswa bisa bertukar informasi melalui akun facebook jika ada tugas, jika ada kabar dari sekolah.
  2. biasanya guru juga mengunakan media ini untuk pembelajaran(guru membuat grup dan memberikan materi pembelajaran melalui akun ini).
  3. mereka juga bisa berdiskusi di akun ini dengan mendiskusikan materi yang akan dibahas besok.
nah itu tadi dampak positifnya sekarang kita akan mulai membahas dampak negatifnya secara umum dulu  yaitu:
  1. orang - orang yang tidak bertangung jawab akan bisa meneror kita.
  2. banyak hacker - hacker yang siap menghacker akun kita.
  3. banyak orang yang tidak mengetahui waktu, dan tidak bisa mengatur waktu sehingga bayak yang kecanduan facebook.
  4. facebook kadang menganggu kita dengan komen - komen yang jorok - jorok. kasar - kasar. dan kata - kata yang tidak sepantasnya di ucapkan di media yang bisa dibaca oleh banyak orang.
  5. banyak orang menyalah gunakan facebook untuk kepentingan yang negatif,(mencari pacar, mencari teman kencan,) 
nah itu dampak secara umumnya sekarang kita bahas yang dampak bagi dunia pendidikan yaitu :
  1. kadang siswa mencari bahan materi diinternet malah membuka akun facebook dan lupa waktu, mereka tidak mencari materi tersebut malah berfacebook ria.
  2. banyak siswa yang mengunakan facebook ini dengan unsur mencari pacar dan ngopi darat kemudia mereka ketemuan dan kadang si gadis tidak pulang diculik.
  3. banyak siswa yang tertipu akan tapang foto yang dipampang di profil facebooknya. sehingga mereka terkecoh.
  4. banyak perkataan - perkataan yang negatif dan membuat anak itu meniru perkataan itu.
itu sedikit banyaknya negatif yang didapat dari facebook dalam dunia maya. banyak juga dampak dari facebook yang lainnya banyak siswa yang menyalah gunakan facebook mereka kadang menjelek - jelekan guru dan mereka bisa dikeluarkan. itu seperti contoh anak smp disuatu kota yang menjelak - jelekan gurunya karena terlalu banyak memberi tugas dan akhirnya mereka dikeluarkan dari sekolah .

 sedangkan bahaya yang didapat dari facebook adalah :
  1. kita bisa saja tertipu dengan kebaikan kata - kata dalam status beranda yang dibuat oleh seorang penguna aku  facebook.
  2. kita bisa kecanduan facebook sehingga lupa waktu.
  3. facebook bisa menganggu pemikiran .

1 komentar: